5 Tips Jitu Optimasi Social Media untuk Bisnis Online Kamu4 min read

Punya bisnis online tetapi masih sedikit pelanggan yang tertarik membeli produk jualanmu? Simak 5 tips jitu optimasi social media untuk membantu kamu meningkatkan hasil bisnis onlinemu!

Mempromosikan bisnis online di social media bukanlah hal baru lagi sekarang ini. Pada masa pandemi ini, semua proses transaksi jual beli banyak dilakukan melalui media online yaitu salah satunya social media. Pengguna sosial media yang terus meningkat dari tahun ke tahun pun menjadikan sosial media menjadi tempat yang potensial untuk berbisnis online.

Saat ini, siapapun bisa mempunyai bisnis online sendiri salah satunya melalui RateS. Simak tips berikut untuk lebih memahami tips untuk optimasi berjualan di sosial media agar dapat meningkatkan penjualan di bisnis online kamu!

1. Status yang Menarik dan Kreatif

Image Source : Unsplash @arnelhasanovic

Hal pertama yang harus diperhatikan di social media untuk bisnis online kita adalah tampilan postingan atau caption yang menarik. Buatlah status-status yang bisa berpotensi viral terutama, terutama yang ada kaitannya dengan produk kamu. Karena hal ini berpotensi untuk pengikut akun sosial media melakukan “like” dan “share” konten kamu, sehingga kesempatan bisnis online kamu untuk lebih dikenal semakin besar.

2. Pentingnya Hashtag pada Postingan

Image Source : georgiadelotz

Penggunaan hashtag pada postingan di bisnis online kamu juga sangat membantu untuk membuat konten kamu agar lebih berpotensi dilihat oleh lebih banyak orang. Gunakan hashtag pada postingan di media sosial kamu untuk membuat banyak orang mudah melakukan pencarian produk. Seperti contoh, kamu bisa menuliskan hashtag misalnya #BajuAnakTermurah, #PusatBajuWanita, dan lain sebagainya. Semakin banyak dan sesuainya hashtag yang kamu gunakan akan membuat potensi kontes bisnis onlinemu dilihat oleh banyak orang. Nah hashtag ini bisa kamu sisipkan di bawah setelah penulisan caption kamu lho.

3. Update Foto Secara Rutin dan Konsisten

Image Source: Unsplash @eaterscollective

Memposting foto produk secara rutin setiap harinya akan memudahkan pelanggan melihat berbagai macam daftar jualan kamu di beranda social media mereka. Bila pengguna social media melihat update dari akun kamu secara rutin, kemungkinan akan ada yang penasaran dan membuka akun social media kamu. Dan berpeluang menjadi salah satu calon konsumen, apalagi ketika mereka tertarik dengan postingan kamu.

4. Merespon Pelanggan Secepat Mungkin

Image Source : Unsplash timbennettcreative

Poin selanjutnya adalah penting untuk memberikan respon secepat mungkin kepada para pelanggan bisnis online kamu. Hal ini untuk mencegah kemungkinan para pembeli batal membeli produk. Walaupun banyak calon konsumen yang hanya bertanya saja, kamu tetap harus memberikan respon. Komunikasi dengan pelanggan amatlah penting untuk membina hubungan yang baik dengan calon pelanggan atau pelanggan lama kamu. Maka dari itu, Pastikan kamu selalu cek secara berkala akun sosial media dari bisnis onlinemu supaya nggak kelewatan notifikasi pesan dari pelanggan kamu ya!

5. Tampilkan Keunggulan Produkmu  

Image Source : Unsplash @acreativegangster

Persaingan dalam bisnis online merupakan hal yang wajar terjadi dalam promosi di sosial media. Pasti akan adanya kompetitor yang akan hadir untuk bisnis online kamu. Untuk menyikapi hal ini, penting sekali bagi kamu bisa fokus untuk menampilkan keunggulan produkmu untuk menghadapi persaingan. Kamu bisa rutin menampilkan keunggulan produk yang kamu untuk dipublikasikan di sosial media.

Pengen mulai jualan bisnis online di social media tetapi masih bingung produk apa yang harus dijual? Tenang saja, RateS akan membantumu menyediakan produk grosir yang bisa kamu jual kembali tanpa stok barang dan tanpa modal. Yuk mulai optimasi social media untuk meningkatkan bisnis onlinemu sekarang juga!

Baca juga : 7 Cara Sukses Menjadi Reseller Online! (pemula wajib tahu)