4 Tips Membangun Kepuasan Pelanggan Bagi Reseller3 min read

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator penting dalam keberhasilan suatu bisnis online termasuk reseller. Pelanggan yang puas akan berpeluang untuk datang kembali dan membeli banyak lagi sehingga hal ini akan meningkatkan penjualan dari bisnis reseller kamu. Terlebih lagi, platform online sangat memudahkan kita untuk berinteraksi lebih dengan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ini. Lalu apa saja sih yang diperlukan untuk membangun kepuasan pelanggan bagi kamu yang menekuni bidang reseller? Simak tips berikut yuk!

1. Memberikan Pelayanan dengan Ekstra!

Image Source : Shutterstock


Ada beragam jenis pelayanan yang bisa ditawarkan oleh seorang reseller untuk membangun kepuasaan pelanggan. Salah satunya adalah memberikan diskon tambahan bagi pelanggan setia kamu. Dari banyaknya jenis bisnis yang sudah ada, bisa disimpulkan bahwa fasilitas yang didapat langsung pelanggan lah yang mengambil peran. Kamu bisa menambahkan fasilitas dari ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Fasilitas lebih ini bisa apa saja, semisal free product, diskon khusus untuk beberapa produk, dan lain sebagainya.

2. Komunikasi yang Efektif

Image Source : Unsplash @kobuagency


Komunikasi merupakan hal terpenting dalam hal apapun, termasuk reseller. Komunikasi yang baik dan efektif antara reseller dan pelanggannya akan membuat pelanggan loyal kepada kita. Untuk bisa menjalankan komunikasi yang efektif, salah satu hal utama yang perlu dilakukan adalah memberi perhatian. Perhatian ini berupa mau mendengarkan setiap pernyataan pelanggan bahkan termasuk saran dan umpan balik (feedback). Hal ini merupakan salah satu yang harus diingat juga lho RateSpreneur! Bukan berarti mendekati pelanggan dengan unsur yang lain. Namun lebih ramah dan juga berusaha untuk tidak memposisikan sebagai penjual-pembeli, posisikan diri kamu se ramah mungkin agar membuat nyaman. Bisa dengan contoh, menanyakan pembeliannya untuk siapa, jadi kamu bisa menyarankan produk yang sesuai.

3. Pelayanan yang Jelas dan Tidak Bertele-Tele

Image Source : Unsplash @johnschno

Semisal kamu sebagai seorang reseller sepertinya belum berani mengatakan tidak di saat tidak bisa memenuhi permintaan pelanggannya. Jangan lah membuat alasan yang bertele-tele. Meskipun terdengar mengecewakan di awal, reseller disarankan untuk berani berkata tidak atau tak sanggup jika memang begitulah keadaannya. Tidak apa-apa untuk mengatakan hal ini di awal, karena tak semua permintaan pelanggan bisa dikabulkan oleh kamu daripada berujung harapan palsu di akhir.

4. Menerima Saran dan Menampung Keluhan Pelanggan

Image Source : Unsplash @andrewtneel


Pelanggan pasti akan mengatakan yang sejujurnya terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh online shop. Memang benar adanya terkadang mereka komplain produk yang ditawarkan dan terkesan mengesalkan, namun justru dengan keluhan dari pelanggan ini kamu bisa mengetahui hal apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jika terkabul sudah, pastilah produk yang ditawarkan ini akan menjadi lebih baik dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan.  Tak hanya keluhan saja, saran dari pelanggan pun juga seyogyanya didengarkan dan diterima. Karena saran inilah yang bisa membangun perusahaan menjadi perusahaan yang lebih baik di kemudian hari.

Penjelasan di atas adalah cara sederhana yang bisa membuat seorang pebisnis online ataupun reseller membuat pelanggannya lebih puas. Semakin puas pelanggan, semakin besar pula potensi kamu mendapat pemasukan yang lebih baik. Ingatlah bahwa pelanggan yang puas bisa berdampak positif bagi usaha yang dijalankan terutama menjalani usaha di RateS! Selamat mencoba!

Baca juga : Sukses Menjalani Bisnis Online dari Rumah