Tips Copywriting untuk Bisnis Online3 min read

RateSpreneur, memasarkan produk dari bisnis online kamu, nggak melulu cuma posting biasa lho. Banyak yang harus diperhatikan juga nih termasuk salah satunya Copywriting atau yang biasa kalian kenal yaitu caption! Nah apa sih Copywriting itu? 

Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan – tulisan ini disebut copy. Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang kamu inginkan dari tulisan kamu. Karena tujuannya untuk memberikan penjelasan  dan memberikan penawaran produk kepada customer mu. Berikut pada RateS University kali ini, kami sudah membuat 5 teknik copywriting bisnis online untuk meningkatkan penjualan, yuk lihat pembahasannya dibawah ini:

1. Membuat kalimat yang jelas & detail

Image Source : Unsplash @johnschno

Banyak yang beranggapan bahwa copywriting untuk bisnis online dengan menggunakan kalimat lebih pendek adalah yang terbaik, ternyata tidak seperti itu. Terbukti dengan copywriting yang lebih detail mendatangkan penjualan yang lebih banyak. Namun kamu perlu hati-hati dalam membuat copywriting, jangan sampai calon pembeli kamu tidak tertarik sehingga meninggalkan produk yang sedang kamu jual dan beralih kepada kompetitor.

2. Komunikasi dengan pembeli

Image Source : Unsplash @nickmorrison

Sesuaikan dengan gaya bahasa, umur, gender, tingkat pendidikan dan budaya. Setelah semuanya ketemu, kamu tinggal membuat copywriting produk dari bisnis online kamu sesuai dengan pikiran pembaca. Buatlah copywriting seolah-olah kamu berkomunikasi langsung kepada calon pembeli kamu.

3. Konten yang sesuai

Image Source : Unsplash @brookelark

Penempatan konten juga menjadi hal yang nggak boleh asal-asalan. Untuk mendukung teknik tulisan yang berkesan sehingga bisa meningkatkan bisnis online kamu, maka kamu harus mengatur penempatan konten yang lebih baik. Seperti membuat judul yang menarik perhatian, memberikan keterangan yang lengkap, memberikan link atau video yang relevan, menambahkan gambar.

4. Tambahkan manfaat

Image Source : Unsplash @parkerburchfield

Konsumen yang tertarik kepada produk dari bisnis online yang kita miliki adalah karena manfaatnya. Jelaskan terlebih dahulu semua manfaat yang akan diperoleh nanti barulah kamu menjelaskan fitur-fitur yang akan didapatkan dari produk yang kamu jual.

5. Gunakan kata-kata yang persuasif

Image Source : Unsplash @cytonn_photography

Jika semua teknik copywriting dari bisnis online diatas sudah kamu lakukan dengan benar, maka yang terakhir adalah membuat kalimat yang persuasif untuk mengajak calon pembeli kamu melakukan tindakan dengan membeli atau bertanya ke kamu mengenai produk tersebut.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tips teknik copywriting bisnis online untuk meningkatkan omset penjualanmu. Kamu juga bisa memulai langkah bisnis online tanpa modal dan tanpa stok barang melalui Aplikasi RateS. Yuk tunggu apalagi!

Baca juga : 4 Tips Membangun Kepuasan Pelanggan Bagi Reseller