Menjadi Reseller untuk Bisnis Pemula, Kenapa Tidak?4 min read

Kamu ingin memiliki sebuah usaha sendiri namun terkendala dengan modal yang terbatas? Lalu, Mengapa tidak mencoba menjadi reseller? Pada era digital sekarang, peluang berbisnis sangat banyak salah satunya menjadi seorang reseller. Bahkan, kamu bisa menjadi reseller tanpa modal dan tanpa stok barang melalui RateS.

Reseller merupakan kegiatan menjual kembali barang dari supplier, sehingga tidak perlu stok barang dan bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja. Bisa dibilang hanya membutuhkan modal yang sedikit yaitu hanya handphone dan paket data saja. Masih ragu untuk memulainya? Kalian gak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, kami memiliki panduan singkat cara menjadi reseller dengan modal kecil yang bisa kalian praktekkan sekarang juga.

1. Target Pasar

Image Source: Unsplash @firmbee

Langkah awal untuk memulai menjadi reseller adalah tentukan target pasar kalian. Menentukan target pasar akan memudahkan kalian untuk menentukan produk-produk apa saja yang ingin dijual agar lebih tepat sasaran. Seperti contoh, jika target pasar kalian adalah komunitas ibu-ibu, maka mungkin produk gamis dan mainan anak-anak bisa menjadi opsi produk yang bisa kalian jual. Jika semisal target pasar kalian adalah mahasiswa atau anak muda, maka produk fashion wanita kekinian bisa menjadi opsi produk yang tepat untuk dijual. Semua produk jualan tersebut juga bisa kamu dapatkan di Aplikasi RateS.

2. Fokus pada Marketing

Image Source : Unsplash @socialcut

Langkah kedua adalah fokus pada penjualan. Untuk menjadi reseller pemula, maka penting sekali untuk menentukan media pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan produk jualan kamu. Media pemasaran yang akan dipergunakan juga akan berbeda, tergantung pada target pasar kalian. Semisal, jika target pasar kalian adalah masyarakat umum dan orang tua, media seperti Facebook bisa menjadi pilihan. Jika target kalian adalah anak muda yang memiliki minat pada dunia fashion. Maka, Instagram bisa menjadi salah satu platform yang tepat untuk mempromosikan jualan anda. Mulailah dengan menentukan media untuk mempromosikan semua produk yang kalian tawarkan.

3. Harga Produk

Image Source : Shutterstock

Langkah ketiga untuk menjadi reseller adalah kamu harus menetapkan harga produk dari dan keuntungan dari produk yang ingin dijual. Beberapa supplier memiliki ketentuan tersendiri mengenai hal ini. Nah jika kalau kamu menjadi Reseller RateS, Maka tak perlu ada persyaratan yang ribet untuk menentukan margin atau keuntungan kamu. Melalui Aplikasi RateS, kamu bebas banget mau ambil margin atau keuntungan berapapun. Kamu juga bisa membandingkan harga produk sejenis, sehingga tidak terlalu murah atau kemahalan di mata pelanggan. Yuk mulai menjadi reseller dengan tentukan harga produk jualanmu dan peroleh keuntungan sesukamu!

4. Pelayanan Customer

Image Source : Unsplash @jeshoots

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting untuk menjadi reseller sukses adalah dengan memberikan pelayanan konsumen yang luar biasa. Konsumen yang terkesan dengan pelayanan kalian akan menyebarkannya kepada orang lain. Dengan kata lain, pelayanan konsumen yang memuaskan akan mendorong berjalannya sebuah strategi pemasaran yang paling efektif yaitu strategi “mulut ke mulut”. Semakin banyak orang yang membicarakan mengenai produk kalian, semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan jumlah pelangganmu.

5. Berikan Penawaran Menarik

Image Source : Unplash @blakewisz

Langkah terakhir untuk menjadi reseller pemula dengan penjualan yang bagus adalah berikan penawaran menarik kepada pelanggan. Seperti contoh, kalian bisa memberi harga diskon bagi pelanggan setiamu. Cara ini cukup efektif untuk menangkap perhatian calon konsumen agar lebih tertarik membeli produk jualanmu.

Bagaimana dengan kalian? Siap untuk menjadi reseller dan dropshipper sukses? Mulailah dari sekarang dan Jadilah Bos Anda sendiri bersama RateS!

Baca juga : 5 Tips Jitu Optimasi Social Media untuk Bisnis Online Kamu