5 Keuntungan Berjualan dari Rumah Saat Kondisi Pandemi4 min read

Kondisi pandemi corona saat ini membuat kita untuk terbiasa untuk melakukan kegiatan di rumah aja. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar tetap produktif berkegiatan di rumah selama pandemi corona ini, salah satunya dengan mulai berjualan online. Saat ini, orang cenderung lebih banyak melakukan transaksi jual beli secara online. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi peluangmu untuk mendapatkan pendapatan tambahan dengan berjualan dari rumah. Melakukan transaksi jual beli secara online jelas memiliki segudang kelebihan, apalagi untuk dilakukan pada saat pandemi corona seperti saat ini. Berikut 5 keuntungan dari berjualan di rumah dalam kondisi pandemi.

1. Menghindari Kontak Fisik

Kelebihan pertama dari berjualan online saat pandemi corona adalah dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Telah diketahui bahwa virus corona dapat menular melalui kontak langsung dengan orang lain. Dengan berjualan online, kamu hanya cukup berjualan melalui internet dan handphone kamu. Lalu dengan mudah petugas kurir akan mengirimkan barang yang kamu jual ke rumah pembeli kamu.

Yang patut diperhatikan adalah selalu jaga kebersihan tangan dan hindari kontak langsung dengan petugas atau kurir yang mengantarkan barang kamu. Setelah itu, cegah penularan virus dengan menyemprotkan disinfektan pada barang yang diterima atau yang hendak kamu kirimkan.

Image Source : Unsplash @headwayio

2. Menghindari Risiko Penularan Melalui Barang

Kelebihan kedua dari berjualan online pada saat pandemi corona adalah dapat menghindari risiko penularan melalui barang. Jika pada saat membeli barang secara konvensional, orang lain cenderung akan memegang barang-barang yang sekiranya menjadi pilihannya. Hal ini dapat menjadi media penularan virus corona covid-19. Sebab, kamu mungkin saja terpapar virus corona melalui droplets (cairan batuk, bersin, dan air liur) yang ditinggalkan oleh orang lain saat memegang barang tersebut.

Image Source : Unsplash @bigeruta

3. Sistem Pembayaran Online

Dapat menggunakan sistem pembayaran online adalah salah satu kelebihan berjualan online di saat wabah virus corona. Sebab, transaksi online akan menghindarkan kamu untuk menyentuh uang secara langsung. Bisa jadi, virus corona dapat menular melalui uang. Sebab dilansir dari Hallodoc virus corona diketahui dapat bertahan hidup pada kertas hingga 4 hari.

Image Source : Unsplash @rupixen

4. Memperbanyak Promosi di Media Online 

Kamu dapat melakukan promosi jualan selama pandemi corona secara bebas menggunakan platform media sosial di instagram maupun media online lainnya. Usahakan bisnis yang kamu miliki tersebut sudah mempunyai akun media sosial agar lebih mudah untuk menjangkau pelanggan yang memang sedang membutuhkan produk kamu.

Selain itu, promosi jualanmu melalui media online sangat penting agar produk jualanmu dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia. Melakukan pemasaran yang tepat dapat memengaruhi penjualan dari produk yang kamu buat. Apalagi untuk sekelas bisnis di rumah, menggencarkan pemasaran adalah hal paling penting yang perlu diperhatikan.

Image Source : Unsplash @austindistel

5. Memiliki Banyak Waktu

Dengan melakukan kegiatan berjualan dari rumah selama pandemi corona ini akan membuat kamu memiliki waktu lebih banyak di rumah. Tentu momen ini bisa dimanfaatkan untuk memiliki waktu luang bersama keluarga. Kamu bisa tetap mengurus keperluan keluarga sambil tetap berpenghasilan di rumah melalui jualan di rumah aja.

Image Source : Unsplash @everythingcaptured

Jadi tunggu apalagi! Mulai berjualan dari rumah untuk tetap berpenghasilan selama pandemi corona ini. Salah satunya melalui platform RateS, kamu hanya cukup bermodalkan handphone untuk mulai berjualan dari rumah tanpa modal, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Baca juga : Tips Copywriting untuk Bisnis Online