Apa itu Virus Corona? Mitos dan Fakta Virus CoronaDurasi Baca: 3 Menit

COVID-19 atau lebih diketahui sebagai Virus Corona, telah menjadi berita utama di Indonesia dalam 1 bulan terakhir. Jumlah kasus telah mulai meningkat di Indonesia, dan mudah bagi orang untuk merasa gelisah tentang virus aneh yang tidak dikenal ini.

Itulah mengapa banyak informasi yang tentang jenis virus baru ini yang aktif beredar tiap hari,terutama dalam obrolan grup Whatsapp. Dari disinfektan dan tisu basah dapat membunuh Virus Corona sampai paket dari China membawa virus, berikut adalah 6 mitos virus corona yang akan kami jelaskan agar kamu dapat menghentikan paranoia kamu untuk selamanya!

1. Disinfektan dan tisu basah dapat membunuh Virus Corona

Cek jika desinfektan kamu asli dan dapat bekerja membersihkan tubuh kamu dari kuman
Cek jika desinfektan kamu asli dan dapat bekerja membersihkan tubuh kamu dari kuman
Image credit: @josefmama

Banyak dari kita berasumsi bahwa desinfektan seperti tisu basah, semprotan, dan sanitiser berlabel antibakteri dapat sepenuhnya dipercaya untuk melindungi diri kita dari virus, tetapi itu sebenarnya SALAH. Kecuali jika desinfektan yang kamu gunakan mengandung setidaknya 60% alkohol, mereka tidak dapat sepenuhnya membersihkan tangan dan permukaan tubuh kamu dari Virus Corona.

2. Kamu berisiko lebih tinggi tertular Virus Corona dalam pesawat terbang

Image credit: Wikimedia Commons

Kita telah menerima nasihat bahwa kita tidak boleh bepergian ke tempat-tempat ramai, jadi layak dimengerti mengapa orang jadi paranoid jika berada di kabin pesawat yang sempit. Tapi sedikit yang kita ketahui bahwa kabin pesawat dilengkapi dengan filter udara tingkat medik. Ini berarti peluang kamu untuk tertular virus berkurang, begitu pula kepanikan kamu.

3. Kamu aman jika tinggal di rumah

Saat Indonesia Pemerintah mengumumkan tentang ‘Social Distancing’ atau menjauhkan jarak sosial dan kebutuhan untuk isolasi rumah selama 14 hari, banyak yang langsung berbondong-bondong ke supermarket untuk menyetok kebutuhan pokok di rumah. Tetapi mengurung diri kamu bukan berarti ruang tinggal kamu bebas dari virus lho.

#Dirumahaja bersih bersih

Masih mungkin untuk menularkan virus dari pengunjung, atau ketika kamu berada di luar saat berbelanja. Karena beberapa virus corona dapat bertahan hidup di permukaan seperti meja dan gagang pintu hingga 9 hari, kamu harus melakukan pekerjaan rumah tangga dengan benar dan mendesinfeksi rumah kamu SECEPATNYA ketika ada tamu.

4. Mengenakan masker akan mencegah kamu terkena virus

Masker kain mungkin kelihatan lebih cantik tapi tidak se-efektif masker medik dalam melindungi penyebaran Virus Corona
Masker kain seperti ini mungkin kelihatan lebih cantik tapi tidak se-efektif masker medik dalam melindungi penyebaran Virus Corona
Image credit: @rabbit___2

Mengenakan masker mungkin bukan ide yang baik jika kamu tidak menunjukkan gejala seperti flu. Menyentuh permukaan masker kamu yang terbuka sebelum menyentuh wajah kamu sama baiknya dengan memberi virus “tiket business class” untuk membuat kamu sakit.

Jika kamu memiliki gejala seperti flu, barulah kamu perlu menggunakan masker bedah 3 lapis untuk mencegah batuk dan bersin menyebar.

5. COVID-19=Hukuman Mati

Hal yang paling mengkhawatirkan tentang COVID-19 adalah kenyataan bahwa ia telah merenggut nyawa. Walaupun virus dapat mematikan dan tidak bisa dianggap enteng, ini tidak berarti bahwa setiap orang yang tertular secara otomatis akan menghadapi kematian.

Image credit: @ochadeblog

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengamati bahwa virus cenderung memiliki efek yang lebih parah pada mereka yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Banyak pasien yang telah sepenuhnya pulih dari virus ini.

Bahkan, menurut WHO, angka menunjukkan bahwa tingkat kematian COVID-19 (2%) lebih rendah daripada SARS (9%) ‘. Jika kita bisa selamat dari SARS, tentunya kita bisa selamat dari COVID-19.

6. Tidak aman untuk mendapatkan paket dari China

Sejak virus pertama kali muncul di China, ada kesalahpahaman yang disayangkan bahwa barang-barang dari negara itu juga dapat terinfeksi virus. Hmm.. Apakah ini benar?

Virus Corona tidak dapat terkontaminasi melalui paket dari luar negeri
Virus Corona tidak dapat terkontaminasi melalui paket dari luar negeri

Tentunya ini MITOS! Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada risiko virus bisa tertular dari paket yang berasal dari China. Jadi para pecinta barang impor kamu tidak perlu khawatir lagi!

Tips agar kamu bisa aman dari Virus Corona, tetap bekerja dan menghasilkan sambil #dirumahaja

Nah, pas lagi ngomong tentang barang impor, bagi para workaholics atau bagi kamu yang penghasilannya terpengaruh karena situasi Virus Corona, kita mau rekomendasi cara aman agar kamu bisa tetap bekerja dan menghasilkan seperti biasa tanpa harus keluar dari rumah sama sekali!

Hanya dengan smartphone + aplikasi RateS, kamu bisa langsung jadi Reseller! Tidak perlu ribet cari supplier, stok barang/kirim barang dan tidak perlu modal!

Kerja dari rumah, bebas dari Virus Corona dengan RateS
Kerja dari rumah, bebas dari Virus Corona dengan RateS

Cara menggunakan RateS sangatlah mudah.
Pertama, kamu hanya perlu mempromosikan barang RateS ke pelanggan via online. Kedua, ada yang tertarik membeli? tempatkan pesanan pembeli di aplikasi. Ketiga, duduk manis tunggu keuntungan kamu masuk ke akun kamu di aplikasi. Ke-empat, RateS akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat rumah pelanggan kamu!
Hanya aplikasi RateS yang bisa buat kamu enak begini bisa kerja sambil nyantai dirumah dan raih penghasilan Rp 3.000.000/bulan! #dirumahaja dengan RateS!

Nah itu dia 6 Mitos tentang Virus Corona agar kamu tidak termakan berita hoax lagi! Untuk bisa melawan Virus Corona bersama kita harus pintar bersama dengan banyak membaca dan cari tahu apakah berita yang kamu baca adalah fakta atau hanya sekedar hoax. Untuk menghindar Virus Corona, intinya rajin cuci tangan, social distancing (jaga jarak orang ke orang) dan perbanyak makanan yang sehat!

Share artikel ini ke teman dan keluarga yang kamu sayangi!


Jika kamu mau tahu lebih banyak tentang RateS, baca artikel lainnya disini:

Cara Menggunakan RateS Dalam 6 Langkah
Apa Artinya Menjadi Pengusaha Mikro?
Mengembangkan Bisnis Onlinemu
Tips untuk Menjadi Reseller