5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Bisnis Online4 min read

Berbisnis online merupakah salah satu cara yang paling mudah untuk tetap berpenghasilan pada zaman sekarang ini. Pada era dimana teknologi sudah sangat berkembang, terdapat banyak macam bisnis yang bisa digeluti online dengan modal minim atau bahkan tanpa modal, contohnya menjadi reseller atau dropshipper online. 

Dengan banyaknya manfaat dari berbisnis online, bidang ini pun semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Seperti maraknya toko online yang berjualan via sosial media, marketplace, atau aplikasi reseller online. Di Aplikasi RateS, Anda bisa menemukan banyak produk grosir unik dari luar negeri maupun lokal.  Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan seperti tidak perlu punya stok barang di rumah dan tidak perlu mengurusi pengiriman barang. Dengan kemudahan inilah, bisnis online banyak diminati oleh masyarakat karena prosesnya yang mudah dan cepat. Bahkan tidak perlu keluar rumah, berbelanja online saat ini bisa dilakukan melalui layar handphone.

Namun untuk memiliki bisnis online yang sukses terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak melakukan kesalahan. Simak kesalahan apa saja yang dapat kamu hindari dalam berbisnis online melalui artikel berikut.

1. Tidak Mau Belajar Mengelola Bisnis

Image Source: Unsplash @maltehelmhold

Memulai bisnis membutuhkan proses yang panjang dan harus dilakukan dengan baik secara pelan-pelan hingga bisnis berkembang dan bertahan lama. Untuk memulai bisnis online, Anda perlu melakukan survei pasar terlebih dahulu agar dapat membantu Anda menganalisa kebutuhan pasar. Semakin banyak Anda latihan dan belajar mengelola bisnis, maka Anda akan terbiasa untuk menentukan langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis online Anda.

2.  Salah Menentukan Target Pasar

Image Source : Unsplash @tanaphong

Berjualan secara online tidak cukup hanya memasang foto produk di media sosial atau marketplace dan lalu mempromosikannya. Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan seperti target pasar yang jelas. Target pasar inilah yang nantinya akan menjadi acuan Anda untuk memasarkankan produk apa yang akan Anda jual. Dengan cara seperti ini, jualan Anda akan berpeluang untuk dibeli oleh pelanggan karena ada kebutuhan dari pasar. 

3. Terlalu Banyak Menjual Jenis Produk 

Image Source : Unsplash @alexanderkovacs

Jika Anda sudah mempunyai target pasar sendiri, maka konsumen biasanya sudah secara otomatis akan terpilih menjadi golongan-golongan sesuai kebutuhannya. Jadi tidak perlu menjual berbagai macam jenis produk dalam satu toko, untuk mencegah adanya produk yang tidak laku. Terlalu banyak jenis produk akan menyulitkan anda mengklasifikasi brand dari bisnis online Anda. Kabar baiknya melalui Aplikasi RateS, Anda bisa memilih berbagai macam produk dengan harga grosir yang siap jual.

4. Slow Respon Menanggapi Pelanggan

Image Source : Unsplash @beciharmony

Jika toko online Anda memiliki layanan customer service yang lambat, maka siap-siap pelanggan akan kabur dan tidak jadi membeli. Hal ini dikarenakan biasanya begitu pelanggan tertarik dengan produk jualan Anda, mereka cenderung ingin mendapatkan informasi produk dengan cepat dan jelas. Maka penting sekali untuk memperhatikan layanan customer service dengan pelayanan yang tanggap, cepat, dan ramah. Dengan begitu usaha Anda bisa jalan dengan baik dan menghindari adanya pelanggan yang kabur. Simak artikel tips membangun kepuasan pelanggan bagi reseller disini!

5. Tidak Konsisten

Image Source : Unsplash @andreasklassen

Hal lain yang menyebabkan bisnis online Anda tidak berjalan dengan lancar adalah tidak konsisten dalam mengelola bisnis. Telaten dan sabar dalam mengelola bisnis online sangatlah penting agar bisnis tersebut dapat berkembang secara berkelanjutan. Anda perlu konsisten memperbarui jenis produk jualan Anda sesuai tren terkini agar makin banyak pelanggan berdatangan.

Nah sekarang Anda sudah memahami basis terpenting yang harus Anda hindari saat mengelola bisnis online Anda. Sekarang saatnya Anda mulai bisnis online Anda sendiri. Tanpa ribet, tak perlu modal, dan hanya bermodalkan promosi melalui handphone untuk mengawali bisnis onlinemu bersama RateS.

Baca Juga : 7 Cara Sukses Menjadi Reseller Online! (pemula wajib tahu)