4 Hal Penting Saat Merencanakan Konten Pemasaran3 min read

Bisnis online sangat bergantung pada strategi pemasaran yang digunakan untuk bisa memperoleh keuntungan dan meningkatkan penjualan. Terlebih lagi jika fokus berjualan melalui social media, maka konten pemasaran sangat penting digunakan untuk menjaring banyak pelanggan. Ada banyak faktor yang harus kamu perhatikan sebelum berjualan di social media, salah satu yang terpenting adalah perencanaan konten pemasaran agar konten Anda bisa dilirik oleh pelanggan yang potensial.

1. Pilih Media Pemasaran

Image Source : Unsplash @nordwood

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin berjualan di social media adalah memilih media social media itu sendiri sebagai sarana media pemasaran Anda. Media pemasaran yang tepat akan memudahkan kamu menjangkau target market yang sesuai. Pemilihan media untuk konten pemasaran ini harus disesuaikan dengan target market dari bisnis onlinemu.

Semisal kamu ingin mempromosikan bisnis dengan target anak muda, Instagram bisa menjadi opsi media yang bisa digunakan. Atau mungkin target market kamu adalah ibu-ibu yang sering berinteraksi di facebook, kamu bisa memilih facebook sebagai media untuk konten pemasaran kamu.

2. Tentukan Tujuan Bisnis Onlinemu

Image Source : Unsplash @georgiadelotz

Dalam bisnis online, kamu perlu menentukan target dan tujuan yang jelas dan dapat terukur. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Buatlah target dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Semisal kamu memiliki rencana pemasaran produk kamu setiap hari dengan daftar produk yang berbeda setiap harinya, maka kamu harus konsisten untuk mempromosikan produk tersebut di media pemasaran yang telah kamu pilih.

3. Buat Jadwal Konten

Image Source : Unsplash @esteejanssens

Buatlah jadwal konten yang akan dipublikasikan secara mendetail serta dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap bulan. Kamu harus membuat konten apa saja yang harus diterbitkan, kapan waktu postingnya, dan lain sebagainya.

Melakukan promosi memang penting, tetapi jangan terlalu sering. Jika terlalu sering dapat membuat calon konsumen justru meninggalkan produk kamu karena kesal ataupun bosan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah tempatkan posisi kamu sebagai konsumen, sehingga dapat memahami kondisi seperti apa yang sedang dialami oleh konsumen.

4. Eksekusi Konten

Image Source : Unsplash @sctgrhm

Setelah kamu mengetahui tujuan dan membuat rencana berbisnis melalui media sosial, sekarang saatnya untuk eksekusinya. Jika kamu ingin mengubah media sosial menjadi hal utama yang mendorong pada tujuan kamu, eksekusi yang kamu kunci.

Praktek membuat sempurna dan komitmen untuk strategi media sosial kamu penting. Konsistensi membangun kepercayaan. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk membuat rencana yang bisa diterapkan, berkelanjutan dan sukses.

Nah sekian tips dari kami. Jika kamu sudah memiliki produk yang akan dijual, segera rencanakan konten pemasaran untuk mempromosikan produkmu ke pelanggan potensial di social media. Namun jangan khawatir, jika kamu masih bingung mau jualan apa. RateS sebagai platform reseller sudah memiliki banyak produk dengan harga grosir yang siap kamu jual kembali. Kamu hanya perlu mempromosikan produk tersebut dengan margin keuntungan yang bisa diambil sesuka hati. Selamat berjualan, tanpa stok barang dan tanpa modal dengan hanya bermodalkan promosi konten di social media!

Baca juga : 5 Keuntungan Berjualan dari Rumah Saat Kondisi Pandemi