Tips untuk Menjadi Reseller3 min read

Memulai hal baru memang sulit, tetapi selalu ada pengalaman pertama untuk segala sesuatunya. Nah, untuk membantu kamu, RateS menyiapkan beberapa hal yang harus kamu ketahui nih sebelum memulai menjadi reseller.

Jangan takut gagal dan jangan menyerah

Mempelajari hal baru pasti membutuhkan waktu. Jangan bersedih jika setelah beberapa bulan, bisnis kamu belum se-sukses yang kamu inginkan. Tetap gigih dan jangan menyerah, karena kerja keras kamu pasti akan terlihat hasilnya! Sementara itu, rayakan kemenangan-kemenangan kecil! Kamu berhasil melakukan penjualan pertama? Atau menemukan pelanggan setia pertama? Berikan dirimu sendiri reward atas hal-hal yang telah kamu capai, karena prestasi besar terdiri dari banyak pencapaian kecil!

Cari Informasi

Pemilik bisnis terbaik tahu semua tentang produk, pelanggan, dan industri mereka. Sebelum kamu memulai bisnismu, cari tahu sebanyak mungkin tentang produk yang ingin kamu jual. Cari tahu target market kamu, apa yang mereka suka atau tidak suka, serta kebiasaan dan perilaku mereka untuk mengetahui apa yang bisa kamu tawarkan melalui produk yang kamu jual. Pelajari juga berbagai media sosial dan channel lain yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu ke target market  dan calon pelangganmu. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah berbicara dengan orang-orang di sekitarmu, ke teman dan keluarga atau cukup dengan Google saja. Nggak ada tuh, yang namanya kelebihan informasi! Karena, semakin banyak kamu tahu, semakin besar kemungkinan kamu untuk berhasil.

Temukan Produk Spesialmu

Nah, setelah kamu menemukan target market-mu, tentukan satu atau dua kategori produk yang spesifik yang inigin kamu jual. Setelah bisnis kamu berjalan dengan lancar dan sukses, barulah kamu boleh memperluas kategori produk yang kamu jual ke kategori-kategori lainnya. Di sini, kamu bisa memanfaatkan research yang telah kamu lakukan sebelumnya untuk mengetahui produk apa yang harus kamu jual selanjutnya, dan kepada siapa kamu mau menjual.

Bangun Jaringan Sosialmu

Mulailah dari promosi kecil-kecilan ke keluarga dan teman Anda. Mereka adalah pelanggan terbaikmu karena mereka pasti akan mendukung apa yang kamu lakukan. Jangan ragu juga untuk menjangkau orang lain dan membentuk sebanyak mungkin koneksi bisnis. Cukup jangkau teman-teman atau “ikuti” dan promosikan item kepada mereka yang cocok dengan target audience kamu di media sosial.

Tingkatkan People Skill-mu

Jangan takut untuk menjakau lebih banyak orang – follow mereka di Instagram, undang mereka untuk menyukai halaman Facebook tokomu atau cukup promosikan produk ke kontakmu. Ingatlah untuk bersikap sopan, ramah dan menghormati mereka setiap saat ya, bahkan jika mereka menolak untuk melakukan pembelian.

Jika ada seseorang yang menunjukkan minat untuk membeli, jangan kehilangan kesempatan itu untuk melakukan penjualan. Tanggapi pertanyaan mereka dengan cepat. Tetapi, pastikan kamu melakukan riset sebelum menjawab pertanyaan mereka karena jawaban yang kurang informasi akan menurunkan kredibilitasmu sebagai penjual. Jika pelanggan kamu memiliki pengalaman berbelanja yang baik denganmu, mereka pasti akan memberi tahu teman-teman mereka atau menceritakan tentang tokomu ke orang lain, sehingga kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan! Jadi, selalu bersikap ramah, sopan, dan profesional – kerja kerasmu pasti akan membuahkan hasil!

Publish Iklan Secara Konsisten

Pastikan pelanggan kamu mengetahui produk yang kamu tawarkan. Caranya gampang, kamu hanya perlu mem-posting secara rutin dan terus tampilkan barang-barang terbaru di media sosial kamu. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu melakukan spamming, atau followers kamu bisa kehilangan minat dan malah meng-unfollow akun kamu.

Tunjukkan Kepribadianmu

Terakhir, jangan takut untuk menampilkan kepribadian kamu untuk menarik pelanggan. Caranya, setiap kali kamu membalas pesan atau menulis caption deskripsi produk kamu, buat tulisan kamu terlihat personal.  Dengan begini, pelanggan kamu akan lebih bersemangat untuk membeli produk dari tokomu.

Nah, itu adalah beberapa tips dan trik sederhana untuk memulai perjalanan kamu sebagai reseller! Percayalah, ini akan menjadi perjalanan yang mengasyikkan dan kami harap kamu menikmati setiap momen sebagai reseller.