Mengembangkan Bisnis Onlinemu3 min read

Marketing bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar, loh. Sebagai wirausaha, marketing adalah bagian penting dari pekerjaanmu dan sesuatu yang dapat kamu lakukan dengan mudah!

Mengapa Produk Harus Dipromosikan?

Nggak seperti bisnis offline tradisional dimana penjual berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjalankan bisnis online berarti kamu harus lebih mengandalkan penjualan melalui jaringal sosial kamu. Taktik marketing ini mengharuskan kamu untuk mencari, dan berinteraksi dengan pelanggan di social media.

Ini mungkin keliahatan sulit tetapi jangan khawatir! Cukup ikuti EMPAT langkah sederhana ini untuk menjadi ahli marketing!

1. Naikkan Kesadara – Promosikan produk kamu ke target audience-mu

Miliki kehadiran online yang kuat di semua platform media sosial utama dan promosikan produkmu di media sosial kamu. Jangan lupa untuk saling me-link akun media sosial kamu (misalnya, menaruh link untuk akun Instagram di Facebook dan sebaliknya) sehingga kamu dapat sekaligus mempromosikan produk di lebih dari satu platform.

Promosikan produk ke teman dan keluarga – Jangan sungkan untuk promosi ke keluarga dan teman kamu yang sesuai dengan target audinece-mu. Mereka pasti akan mendukung kamu dan bersedia membantu mempublikasikan dan mengembangkan bisnis kamu!

Mulailah mendapatkan followers dengan mem-follow orang-orang yang sesuai dengan target audience-mu di media sosial.

2. Buat Pelangganmu Tertarik

Bingung gimana cara bikin pelangganmu tertarik dengan produk yang kamu jual? Taruh deskripsi produk yang singkat, padat, dan jelas serta menarik. Jangan menulis terlalu banyak agar pelanggan kamu tidak kehilangan minat sebelum membaca.

Hal penting lainnya adalah: jangan spam pelanggan kamu. Posting tentang produk atau mengirim pesan dua sampai tiga kali seminggu sudah cukup, loh. Foto berkualitas baik juga akan membantu meningkatkan penjualan, jadi pilih foto produk dengan cermat yaa.

3. Dorong Pelanggan untuk Membeli Produkmu

Selain dari deskripsi yang menarik dan catchy, kamu harus membuat pesan personal ke setiap customermu. Dengan begini, customer akan merasa diperhatikan dan mereka juga akan lebih diyakinkan kalau mereka butuh produk yang kamu jual.

Apakah kamu orang yang kreatif? Kamu bisa mencoba membuat hashtag kamu sendiri agar pelanggan kamu bisa dengan mudah mencari tokomu dan barang-barang yang kamu jual. Jangan lupa cantumkan hashtag di semua postingan social media kamu! Psst, pilih hashtag yang unik dan spesifik untuk tokomu yaa!

Selanjutnya, penting untuk menjaga konsistensi dalam memposting produk di social media kamu. Buat jadwal postingan untuk  tokomu dan jangan lupa untuk mengingatkan followers kamu tentang produk-produk baru.

4. Konversi – Konfirmasi Pembelian

Untuk meningkatkan pembelian, pastikan kamu memberi harga yang menarik. Salah satu cara mudah adalah dengan mem-follow individu yang menjual item yang sama, dan mencari tau harga jual mereka. Jadikan harga tersebut sebagai patokan dan kamu bisa mulai menetapkan harga.

Jadilah penjual yang ramah dan buat pelangganmu merasa dihargai. Ketika kamu menerima pertanyaan tentang produkmu, usahakan kamu merespon dengan cepat agar pelanggan kamu mau membeli produk dari kamu. Ingat juga ya, untuk memperlakukan pelangganmu dengan hormat dan bersikap sopan apa pun yang terjadi. Ini akan membantu kamu menutup penjualan dengan baik.

Terakhir, jangan takut untuk meminta feedback dari pelangganmu! Ini berguna loh untuk membantu kamu memperbaiki diri sebagai penjual. Kamu bahkan dapat memposting feedback positif yang kamu terima di media sosial atau deskripsi tokomu sehingga orang lain akan lebih terdorong untuk membeli produk dari kamu!

Nah, ternyata mudah kan untuk melakukan marketing? Cukup lakukan trik ini untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan customer baru. Sekarang, tunggu apa lagi? Kamu sudah siap menjadi ahli marketing!